Selasa, 30 Maret 2010

190 Tahun PMY

LIVE IN PARA SUSTER PMY DI SENDANG ARUM-KLEPU-YOGYAKARTA

Dalam rangka memperingati 190 tahun kongregasi PMY (Putri Maria dan Yosef) di dunia, para suster PMY yang berada di Indonesia mengadakan live-in. Acara ini diadakan pada tanggal 26-28 Februari 2009 di wilayah Sendang Arum, paroki Klepu-Yogyakarta. Para suster tinggal di tengah-tengah umat lingkungan yang berada di wilayah Sengang Arum.

Berbagai kegiatan menarik digelar di wilayah tersebut seperti, pertemuan dengan umat lingkungan, pertemuan dengan OMK, pertemuan dengan PIA, kunjungan umat wilayah juga misa bersama umat di wilayah itu. Meskipun acara bersama OMK diadakan pada malam hari (setelah misa malam) namun mereka tetap bersemangat mengikuti acara demi acara. Sr. Emil, PMY dan Sr. Crescent, PMY memandu jalannya acara sedangkan Sr. Wahyu, PMY sebagai narator memberikan masukan tentang tanggung jawab rekan muda bagi kelanjutan dan perkembangan Gereja serta bangsa Indonesia ini. Rekan-rekan muda yang tergabung dalam OMK menanggapi dengan antusias tanya jawab yang diadakan oleh para suster juga tanggapan positif terhadap sharing para suster.

Tidak kalah serunya adalah pertemuan para suster PMY dengan adik-adik PIA. Sr. Lucia, PMY memandu jalannya acara ini. Dengan sangat menarik dan bersemangat, Sr. Luci membawakan acara demi acara diselingi dengan permainan, lagu-lagu dan cerita menarik untuk anak-anak. Pertemuan dengan adik-adik PIA berjalan dengan baik bahkan mereka tampak bahagia juga para rekan muda / pendamping PIA beserta para orang tua juga hadir dalam acara ini sehingga menambah semarak pertemuan yang diadakan di kapel wilayah itu.

Para suster PMY juga mengikuti pendalaman APP yang diadakan di masing-masing lingkungan di wilayah Sendang Arum. Dalam pertemuan APP itu juga diadakan acara sharing bersama para suster bersama umat lingkungan setempat. Banyak pertanyaan yang diajukan oleh umat berkaitan dengan karya para suster PMY. Mereka juga merasa bersyukur karena para suster PMY banyak terlibat dalam karya yang berorientasi option for the poor seperti halnya pendidikan bagi anak-anak tuna rungu dan buta tuli, pelayanan bagi lansia, pendampingan petani, dll. Rasa syukur ini juga sebagai ungkapan umat atas ARDAS Keuskupan Agung Semarang.

Sambutan yang hangat dan persaudaraan yang tulus diberikan oleh umat wilayah Sendang Arum kepada para suster PMY. Semoga dengan acara live-in ini, keberadaan para suster PMY semakin dikenal umat dan banyak pemudi yang tertarik untuk bergabung dalam kongregasi PMY ini.

Oleh : Sr. Stanisla, PMY

6 komentar:

Desy mengatakan...

Semoga benih panggilan semakin subur dan berkembang di Sendang Arum juga paroki-paroki lainnya dan PMY semakin dikenal dan banyak pemudi bergabung dalam kongregasi PMY.

Selamat HUT ke 190.

Bagus mengatakan...

Berkat Dalem Suster Stanis,
Senang sekali jika PMY juga live-in di paroki lainnya.
Proficiat untuk suster PMY.

yosefa mengatakan...

sendang arum!!!!!!!!!!!!!!! TOP BUANGET....
Ayo rame2 nyusul Riesti.
Pintu PMY terbuka buat kalian.

Sr. Yuliana, PMY mengatakan...

Tersentuh dan menyentuh hati ..... Semoga meninggalkan jejak panggilan bagi kaum muda di sana.

Salam IOC

Hendi mengatakan...

Suster Stanis,

Ikut berdoa demi kemajuan PMY dari kami semua. Masih melayani anak-anak berkebutuhan khusus khan ?
Proficiat untuk PMY.

Lisa mengatakan...

Selamat HUT ke-190 ya, semoga banyak panggilan untuk kongregasi suster PMY. Salam saya untuk semua suster PMY dimanapun berada.
Sr. Stanis, nulis lagi dech.